-->

Ads 720 x 90

Upgrade Aki Vario 125 Techno dengan Aki GS GTZ7S


Sobat sekalian setelah sebelumnya aki pada Honda Vario 125 yang sudah soak saya servis dan bisa dipakai lagi ternyata hanya mampu bertahan selama satu minggu saja, setelah itu walaupun sudah saya charger lagi selama semalaman tetap tidak mampu untuk menghidupkan mesin melalui ACG Starter meskipun sistem injeksi dan lampu lampu masih bisa menyala layaknya aki normal, Apa daya kalau batas masa pakai sudah terlampaui akhirnya menyerah juga.


Selang beberapa hari saya mengunjungi toko onderdil mobil yang juga menjual aki untuk sepeda motor, saya tanya ke penjaga tokonya untuk GS GTZ6V ternyata kosong dan adanya GTZ7S dengan harga perbuahnya 250 ribu rupiah, mahal juga ternyata, Karena spek yang standar seperti aki yang lama kosong maka saya belum jadi untuk membelinya dan mencoba untuk bertanya ke AHAS dan saya bilang ke petugasnya apa ada aki untuk Vario 125 lama dan petugasnya pun menjawab ada dan harganya 267 ribu rupiah. Sejenak saya berfikir sebentar dan saya putuskan untuk membeli aki di toko yang pertama saja karena harganya lebih murah dan sudah dapat aki yang speknya lebih tinggi dari aki standar vario 125 lama.

Aki GS GTZ6V standar bawaan Vario dan Aki GS GTZ7S mempunyai ukuran body yang sama namun type GTZ6V mempunyai kapasitas ( Ah ) yang lebih rendah yaitu 5 Ah sedangkan type GTZ7S memiliki kapasitas 5.5 Ah, lebih besar 0.5 Ah seperti yang tertera pada gambar berikut  
Aki pada Vario 125 rakitan awal yaitu tahun 2012 ini mampu bertahan hingga hampir 5 tahun tepatnya 57 bulan, danodometer menunjukan angka sekitar 24.600-an kilometer, sebelumnya saya agak heran katanya aki kering cuma mampu bertahan 2 tahun saja bahkan ada yang cuma 18 bulan aki sudah soak, atau mungkin hal ini dipengaruhi oleh jarak tempuh yang dilalui kendaraan. Bisa saja baru 18 bulan tapi odometer sudah lebih dari 24.000 km.


Untuk jarak tempuh Vario saya perharinya untuk perjalanan ke tempat kerja kurang lebih 10 an kilometer kadang lebih dan semua kelistrikan masih standar dari pabrik, seperti lampu depan saat putus pun saya belikan ori persis yang bawaan pabrik karena saat di ganti dengan lampu yang dibeli ditoko biasa, sekring selalu putus sehingga saya belikan yang asli.

Untuk akinya sendiri karena memang ukurannya sama jadi tidak ada masalah sama sekali, tinggal lepas aki yang lama kemudian pasang aki yang baru, untuk letak aki vario 125 lama yaitu di bagian depan dibawah plat nomor. Caranya yaitu buka tutup bagian depan ( dudukan plat nomor ) ada dua buah baut di bagian atas dengan obeng +, kemudian tinggal tarik bagian bawahnya yang ada coakan, kalau pengaitnya sudah terangkat tinggal didorong keatas hingga terlepas. Untuk melepas aki pertama lepas baut terminal negatif dengan obeng ( + ) , Setelah terminal negatif terlepas kemudian terminal positif dilepas, pastikan sebelumnya kunci kontak dalam keadaan off. Berikutnya tinggal melepas plat penahan aki dengan menggunakan kunci sok 10 mm atau obeng (+) dengan mata besar. Kemudian tinggal angkat aki lama dan kemudian pasangkan aki barunya, dan rakit kembali dengan urutan kebalikan dari pembongkaran tadi.

Perbedaannya dengan aki standar yang saya rasakan yaitu saat starter motor terasa lebih kenceng dan nyala lampu depan lebih terang, untuk yang lain saya rasa sama dan semoga postingan ini bisa bermanfaat..

Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Artikel Blog