-->

Ads 720 x 90

Cara Membersihkan dinamo stater mio..


Sobat sekalian kali ini saya mau share pengalaman membersihkan dinamo stater mio, karena saya baru saja mengganti aki yang kondisinya sudah sangat lemah arusnya dengan aki yang baru, kalau misalnya dinamonya kerjanya tidak maksimal nanti akinya juga yang harus kerja keras karena harus distater berkali kali meain baru nyala gara gara putaran stater gak maksimal, kerusakan pada dinamo stater biasanya karena karbonnya habis sehingga kontak antara karbon dan cincin komutator kurang bagus (agak longgar), arus dari aki ke rotor nilai hambatannya menjadi besar.

Melepas dinamo stater ini bisa dibilang ribet karena posisinya diatas mesin dan terhimpit oleh boks filter udara. Cara yang lama yaitu dengan melepas jok dan bagasi kemudian melepas box filter udara, maka akan tampak dengan jelas dinamo staternya.

Cara lepasnya Biar cepet sobat bisa langsung melepas dua buah baud yang berada dibody dinamo stater dengan kunci 10 mm disalah satu baud terdapat kabel masa (-).  lepas kabel positif (+)aki dengan melepas soket yang ada di bawah bagasi dengan membuka tebeng tengah terlebih dahulu. Copot tutup dan filter udara hal ini akan membuat sedikit lebih leluasa karena box filter udara bisa diangkat keatas sedikit. Setelah baud terlepas tarik keluar dinamo secara perlahan dari dudukanya.

Posisi Dinamo Stater Yamaha Mio
Setelah dinamo terlepas, bongkar dinamo dengan melepas baut 8 mm sebanyak dua huah. Perhatikan tanda ngaris yang terdapat di body dinamo supaya pada saat pemasangan tidak terbalik. 




Setelah dibuka maka akan terlihat rotor atau angker dinamo, cek cincin komutatornya, bersihkan dengan menggunakan amplas halus agar kotoran yang menempel terkelupas. 

Armature / Angker dinamo Stater


Cek kondisi karbon brush apakah masih bagus ( panjang ) atau sudah pendek, bersihkan dari debu yang menempel, biasanya banyak serpihan karbon yang menempel disekitar rumah karbon. Semprot dengan menggunakan angin kompesor biar benar benar bersih.

Tutup dinamo / Rumah Carbon Brush
Setelah semuanya kita bersihkan dan dan ganti komponen bila kondisinya sudah rusak atau aus, selanjutnya kita rangkai kembali seperti semula dan jangan lupa untuk posisi tutup, body dan dudukan karbon seperti pada posisi semula jangan sampai terbalik.


Komponen Dinamo Stater
Pasang kembali ke blok mesin, pasang baut dan kabel masa jangan sampai ketinggalan kemudian kencangkan dengan kunci 10 mm, pasang soket arus positif, kemudian lakukan pengetesan kalau sudah oke kemudian pasang tebeng dan filter udaranya. Sekian semoga bermanfaat ....

Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Artikel Blog