-->

Ads 720 x 90

Penyebab rice cooker atau magic com kalau untuk memasak nasi jadi gosong..



Sobat sekalian mungkin pernah mengalami dirumah saat menanak nasi menggunakan rice cooker atau magiccom nasinya gosong.

Hal ini bisa terjadi karena saklar otomatis tidak bekerja dengan semestinya. Pada rice cooker atau magiccom terdapat dua fungsi yaitu memasak (cook) dan menghangatkan (warm). Pada saat posisi cook didalam rangkaian magiccom diatur oleh termostat yang fungsinya untuk memutus arus saat nasi sudah masak.

Penyebab nasi gosong

Pada saat tombol ditekan ke posisi cook maka saklar akan menghubungkan langsung elemen pemanas ke listrik. Sedangkan magnet termostat menempel di permukaan bagian atas termostat sehingga saklar tetap pada posisinya. Pada saat air dalam panci magiccom sudah habis dan nasi sudah masak maka termostat terkena imbas panas yang dihasilkan elemen pemanas, yang sebelumnya panas diserap oleh air dalam panci, sehingga pada saat suhu mencapai sekitar 134° C magnet kehilangan daya tariknya dan tuas saklar terlepas karena daya dorong pegas dalam termostat. Saklar pun memutus arus listrik ke elemen pemanas. Nah apabila termostat ini tidak bekerja maka arus ke elemen pemanas tetap mengalir dan lama lama nasi bisa gosong.



Bersihkan termostat apabila kotor ( biasanya ada kerak nempel )karena kotoran dapat mengganggu kerja termostat karena tidak lancar.
Ganti termostat apabila masalah tidak terselesaikan.

Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Artikel Blog