-->

Ads 720 x 90

Sekilas Tentang Sistem pengapian TCI pada sepeda motor









Sobat sekalian..seperti kita ketahui bahwa sekarang ini sudah banyak sekali peranan electronik dalam sebuah sepeda motor sudah masuk era komputerisasi. Baik mesin dengan pengabut karburator maupun yang injeksi menggunakan sistem TCI. Terus apasih TCI itu apakah sama dengan CDI..?
Transistorized Controlled Ignition (TCI)  menggunakan transistor sebagai triggernya atau bisa dikatakan sebagai saklar elektronik yang berfungsi memutus dan menghubungkan arus listrik yang dipicu oleh pickup coil atau pulser.

Sedangkan Capacitor Discharge Ignition (CDI) pada prinsipnya sistem pengapian yang menggunakan kapasitor sebagai  trigger supaya koil memproduksi teganggan tinggi dan diteruskan ke busi. pencatu daya akan mengisi muatan pada Capasitor dalam bentuk Arus listrik searah sampai mencapai beberapa ratus volt. Selanjutnya sebuah pemicu akan diaktifkan untuk menghentikan proses pengisian muatan Capasitor, sekaligus memulai proses pengosongan muatan kondensator untuk mencatudaya kumparan coil pengapian dan meneruskannya ke busi.
Kelebihan TCI, Tegangan yang dihasilkan ke busi lebih gede dibanding jenis CDI. Output yang keluar dari modul pengapiannya bisa mencapai 300 Volt. Sementara pada sistem CDI hanya sekitar 250 Volt, Eefeknya, lipatan tegangan yang dihasilkan di busi lebih gede. kekurangan pada TCI yaitu memiliki delay ignition timing (waktu pengapian) lebih banyak dari CDI. Bisa lebih lambat 0,5 derajat dari waktu pengapian yang dikirim oleh pulser, Misal waktu pengapian yang dibaca pulser 25 derajat sebelum TMA, maka saat sampai ke busi (memercik) jadi 25,5 derajat sebelum TMA.Sedang pada CDI, delay yang terjadi hanya sekitar 0,2 derajat. Sifat koil TCI adalah induktif. Delay-nya lebih lama. Pada umumnya baik TCI maupun CDI tetap saja kita menyebutnya CDI tanpa memperdulikan jenisnya CDI atau TCI. sekian yang bisa saya bagi semoga berguna.


Related Posts

9 comments

Anonymous said…
artikelnya bagus...menambah pengetahuan saya tentang besarnya waktu tunda TCI dan CDI...
apriadi said…
Bermanfaat nih gan.
Jadi system penggunaan TCI bisa diaplikasikan pada motor2 lama yg menggunakan platina ya?
apriadi said…
Bermanfaat nih gan.
Jadi system penggunaan TCI bisa diaplikasikan pada motor2 lama yg menggunakan platina ya?
Aza-aza said…
TOP Banget gan infonya
eko said…
terimakasih sudah mampir ke blog saya
eko said…
benar sekali, tidak hanya motor tapi mobil juga sudah banyak yang pasang TCI
eko said…
terimakasih atas kunjungannya
Unknown said…
Mantap artikelnya bang,thunder 125 termasuk sistem tci ya bang?
Unknown said…
Maf gan ,klo motor merk SYM kan pakai sistem TCi, apakh tnpa aki motorya masih hidup?
Berlangganan Artikel Blog