-->

Ads 720 x 90

Perbedaan Koil Motor Injeksi dan Karburator...Jangan salah pilih


Fungsi dari koil adalah melipat gandakan arus menjadi tegangan tinggi untuk proses pembakaran pada mesin sepeda motor. 
Namun ada perbedaan antara koil yang aplikasi sistem bahan bakar injeksi  yang aplikasi ECU (Electronic Control Unit) atau ECM (Electronic Control Module) sebagai otak pengapian dan kelistrikan motor dengan motor karburator yang aplikasi CDI buat otak pengapian. 

Yang pertama perbedaan secara fisik tampak dari adanya dua soket untuk arus positif dan negatif yang ada di bagian belakang koil. soket positif etrhubung ke positif bateri sedangkan soket negatif akan terhubung ke ECM dan berfungsi untuk mengatur kapan api harus memercik dan tidak . Sedangkan koil motor CDI, hanya satu soket yang terhubung ke CDI.

Yang kedua perbedaan pada tahanan koil. Kalau pada koil  motor injeksi, tahanannya berkisar 2 ohm, sedangkan untuk motor CDI, biasanya tahanannya berkisar di bawah 1,5 ohm yang menandakan bahwa ada perbedaan jumlah lilitan yang ada didalam koil.

Perbedaan besarnya tahanan ini, berhubungan dengan cara kerja yang berbeda dari part pengantar percikan api ke busi. Pada sistem injeksi proses untuk membuat percikan api lebih besar juga tergantung dari voltase aki. ECU hanya memberikan signal ke koil kapan harus meletik atau tidak berdasar input yang diterima dari sensor. Jadi, besarnya api bukan tergantung dari ECU,

Hasil gambar untuk ecu ignition

Kalau di koil tipe CDI, Arus  yang keluar dari CDI adalah arus yang tersimpan didalam kapasitor yang ada didalam CDI yang akan terhubung ke koil dan dilipatgandakan lagi oleh koil. Misalnya, dari output yang keluar sekitar 200 volt, maka oleh koil dilipatgandakan menjadi 20.000 volt.

Hasil gambar untuk perbedaan koil cdi dan tci


jadi harus teliti dalam membeli koil untuk motor kesayangan kita jangan sampai tertukar.

sekian semoga berguna..







Related Posts

3 comments

beda injeksi beda pula fungsi
Unknown said…
Vario 125 injeksi saya koilnya ilang truz cocoknya pake coil ap y,,,biar ecm sya tidak jebol...
Unknown said…
Tr sya hrus pake coil ap yg cocok dg vario 125 tipe injeksi
Berlangganan Artikel Blog