-->

Ads 720 x 90

Belajar Sistem Pelumasan Pada Sepeda motor

SKEMA JALUR PELUMASAN
Apa kabar sobat sekalian..Pelumasan pada mesin merupakan hal yang bersifat vital, karena tanpa pelumasan sudah pasti mesin akan cepat rusak, karena bagian bagian yang bersinggungan akan cepat aus tanpa adanya lapisan pelumas atau oli, maka dari itu dibuatlah sebuah sistem pelumasan yang berfungsi mengalirkan oli ke bagian bagian yang berputar agar tingkat keausan menjadi minim yang akan membuat usia mesin menjadi panjang dan juga tenaga mesin meningkat. 

Fungsi pelumasan juga sebagai penyerap panas mesin, membersihkan atau membilas bagian mesin dari serpihan atau gram besi karena adanya gesekan antar komponen. 

Adapn cara kerja atau alur dari sistem pelumas pada mesin sepeda motor secara umum adalah sebagai berikut 
STRAINER OIL, ELEMEN ASSY, SREEN OIL FILTER
Oli yang berada di bagian bawah dari blok mesin disedot oleh pompa oli melewati saringan oli bawah yang berupa saringan kawat yang berfungsi menghambat kotoran yang berukuran agak besar sedangkan untuk kotoran yang lembut masih bisa lolos dari saringan ini, kemudian sampailah oli ke dalam pompa oli, lalu oli terdorong menuju saluran saluran oli pada blok mesin.
OIL PUMP
Setelah keluar dari pompa oli ada pembagian saluran oli, pertama oli mengalir menuju blok tutup mesin sebelah kanan kemudian masuk ke dalam saringan sentrifugal, didalam mangkok sentrifugal oli terlempar kesisi luar mangkok bersama dengan kotoran lembut yang ada dalam oli, kotoran akan tetap berada di mangkok sentrifugal sementara oli bersih akan masuk ke jalur dalam kruck as dan melumasi bearing kruck as beserta stang seher.
FILTER SENTRIFUGAL
Ada beberapa mesin sepeda motor yang tidak menggunakan filter sentrifugal, yaitu dengan menggunakan filter oli kertas ( warna kuning pada gambar atas ), yang bisa diganti tanpa harus membuka tutup blok mesin.

Saluran oli yang kedua setelah dari pompa oli naik ke bagian cilinder head melewati jalur lubang baut Stud / tusuk sate dan melakukan pelumasan pada komponen-komponen pada cylinder head seperti noken as, templar, rantai keteng dan akan mengalir kembali ke bawah blok mesin dengan adanya gaya gravitasi. Pada jalur kedua ini juga terbagi lagi ada jalur yang menuju ke bagian gear transmisi untuk melumasi transmisi dan juga kampas kopling. 

Karena begitu vitalnya pelumasan mesin maka hendaklah kita selalu mengecek oli dan mengganti oli secara berkala, dan juga mengganti filter oli secara berkala juga, agar kendaraan kita bisa tahan lama dan juga performanya dalam keadaan prima...



Related Posts

1 comment

miao sai said…

dapatkan jackpot yang besar hanya di IONQQ
WA: +855 1537 3217
Berlangganan Artikel Blog