-->

Ads 720 x 90

Beberapa permasalahan karburator Vakum dan penyebabnya

Sobat sekalian yang suka oprek atau suka servis motor sendiri dirumah, mungkin sudah hafal ya bahwa karbu type vacum kalau sudah berumur pastinya akan banyak kendala atau ketidak normalan seperti susah buat langsam, brebet bahkan sampai tenaganya ngempos, dan untuk mengatasi itu terkadang tidak mudah ataupun dalam sekali pembongkaran bisa langsung teratasi, terkadang harus berkali-kali bongkar pasang baru bisa beres. 

Pertama yang kadang terjadi yaitu mesin tidak bisa langsam, baik pada saat mesin baru dinyalakan maupun saat sudah buat jalan, bahkan ketika sudah berhenti dan mesin belum belum dimatikan rpm mesin justru lebih tinggi dari saat baru dinyalakan saat dingin, hal seperti ini biasanya karene terjadi kerusakan pada membran ACV ( Air Cut Valve ) sehingga mengakibatkan masuknya udara palsu ke ruang bakar. Hai ini sangat mengganggu kenyamanan dan keamanan tentunya karena walaupun handle gas menutup motor masih mau jalan saat mesin sudah panas.

Kedua yang menjadi permasalahan terpenting yaitu mesin brebet dan tidak bertenaga, hal ini sebagian besar disebabkan oleh throtle valve yang tidak mau naik, throtle valve tidak mau naik disebabkan oleh beberapa hal seperti karet vacum yang bocor karena sobek sehingga kevacuman di ruang atas membran bocor dan throtle valve tidak mau naik, ataupun karet vacum yang sudah tidak lentur lagi sehingga pergerakan throtle valve menjadi tertahan sehingga antara bukaan gas / udara dan bensin yang masuk ke ruang bakar tidak seimbang dan mesin pun tidak maksimal dalam pembakaran.

mungkin kedua hal itu yang sering terjadi pada karburator type vacum atau Constant Velocity, untuk yang lainnya mungkin yang bisa mempengaruhi kerja dari karburator ini semisal jarum skep yang sudah aus, klep kupu-kupu yang sudah aus, saluran yang mampet dll

terimakasih sudah berkunjung ke blog saya ini..😎

Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Artikel Blog