-->

Ads 720 x 90

Letak dan fungsi sensor speed pada honda vario 125

Sensor Speed Honda Vario 125
Speedometer berfungsi memberikan informasi kepada pengemudi berapa kecepatan atau laju kendaraan, untuk menjalankan fungsinya speedometer didukung oleh beberapa komponen salah satunya sensor speed.

Sensor speed yang terletak di gear box roda belakang bertugas memberikan input sinyal kepada mainboard dengan mendeteksi perputaran rotor ( Final Gear ) yang terhubung langsung ke as roda.

Lihat sumber gambar 
Dilihat dari kabel maupun soket yang memiliki 3 buah pin menurut saya jenis sensor pada honda vario 125 ini adala type Hall Effect Sensor. Sinyal outputnya sendiri tidak dipengaruhi oleh laju perubahan medan magnet. Tegangan output yang dihasilkan biasanya berada dalam kisaran mili volt (mV) dan diperkuat oleh rangkaian elektronik terpadu yang berada di dalam rumah sensor.Sinyal tegangan keluaran akhir biasanya pulsa bentuk gelombang digital (bentuk persegi). Sinyal output dari sensor dapat berupa positif atau negatif dengan tegangan puncak biasanya sampai 5 V atau 12 V, tergantung pada jenis elektronik dan persyaratan terpadu dari sistem yang digunakan. Amplitudo sinyal output tetap konstan, hanya frekuensi yang meningkat secara proporsional dengan rpm. sensor dihubungkan dengan tegangan 12 volt yang dibutuhkan untuk rangkaian elektronik penguat. 

Saat roda gigi berputar, ujung dari mata gigi yang berdekatan dengan sensor memberikan perubahan medan magnet sehingga menginduksi komponen dalam sensor dan menghasilkan sinyal listrik. 

Speed Sensor pada Honda Vario 125
output dari sensor dihubungkan ke mainboard speedometer kemudian ditampilkan dalam bentuk analog ( jarum penunjuk ) untuk kecepatan kendaraan dalam satuan kilometer / jam, maupun secara digital dengan LCD untuk menampilkan jarak tempuh yang telah dicapai kendaraan. Hasil yang ditunjukan dalam sepedometer biasanya dibuat lebih tinggi dari yang sesungguhnya untuk alasan keselamatan.

Gear box Honda Vario 125
Dalam kendaraan modern sekarang ini sepedometer juga terkoneksi dengan ECU dimana parameter kecepatan kendaraan dan jarak tempuh tertentu sebagai syarat aktifnya suatu fitur, misalnya fitur Idling Stop System pada matic Honda yang akan aktif apabila sudah melaju dengan kecepatan minimal 10 Kilometer per jam.

Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Artikel Blog