Sobat sekalian pabrikan sepeda motor selalu menghimbau para pengguna sepeda motor untuk melakukan perawatan atau servis berkala pada sepeda motor agar kendaraan selalu dalam kondisi prima tentunya akan lebih tahan lama atau awet.
Terus pada kilometer berapa kita harus melakukan pengecekan atau penggantian komponen sepeda motor yang benar? berikut saya rangkumkan dalam bentuk tabel dibawah ini.
Item | Periksa | Bersihkan | Ganti |
( km ) | ( km ) | ( km ) | |
Saringan Udara | 16,000 | ||
Saringan Bahan Bakar | 48,000 | ||
Saringan Kasa Oli Mesin | 8,000 | ||
Busi | 4,000 | 8,000 | |
Oli Mesin | 2,000 | ||
Oli Gear | 8,000 | ||
Drive Belt | 8,000 | 24,000 | |
Cairan Pendingin Radiator | 8,000 | 12,000 | |
Saluran Bahan Bakar | 4,000 | ||
Cara Kerja Gas Tangan | 4,000 | ||
Pernafasan Bak Mesin | 4,000 | ||
Jarak Renggang Klep | 2,000 | ||
Putaran Stasioner Mesin | 2,000 |
Data dari tabel diatas saya ambil dari buku panduan pemilik honda vario Techno 125 pada jadwal perawatan berkala. namun ini juga bisa diterapkan pada motor lain.
untuk penggantian oli mesin bisa dilakukan setiap 4.000 km sekali dan jika kendaraan dipakai pada daerah yang basah atau berdebu, pada musim hujan atau kendaraan sering dipakai dengan gas penuh disarankan untuk lebih sering diservis
Post a Comment