-->

Ads 720 x 90

Cara servis kick starter Vario 125 yang macet


Sobat sekalian para pengguna skutik, fitur kick starter pada sepeda motor jenis ini tergolong sangat jarang dipakai, Kick starter baru digunakan ketika starter elektrik mengalami kerusakan sehingga mau tidak mau sebelum elektik starternya diperbaiki ya pakai kick starter dulu untuk menghidupkan mesin. 


Namun saat kick starter ini mau dipakai tidak jarang yang macet atau saat di injak tidak mau kembali lagi keposisi awal Bagi yang mobilitasnya tinggi tentu saja akan sedikir menghambat kelancaran aktivitasnya, bayangkan saja setiap kali mau menghidupkan mesin harus memposisikan sepeda motor dengan standar tengah, setelah itu harus menaikan  pedal starter karena tidak mau kembali keposisi semula.

Untuk membuat kick starter tidak macet dan ringan berikut cara sederhana untuk memperbaikinya yaitu dengan dibersihkan kemudian dikasih pelumas bisa oli atau grease supaya putaran bisa lancar.

Pertama buka penutup cvt dengan melepas baut 8 mm dan buka penutup gear dengan membuka baut dengan menggunakan obeng (+) setelah terbuka tampak bahwa komponen gear pada kick starter mengalami karatan dan kotoran yang mengering.

lepas gear driven kick starter dari dudukannya kemudian bersihkan dengan menggunakan air sabun sampai bersih, karena banyak kotoran yang menempel dan bekas grease yang sudah mengering yang menyebabkan gear tidak bisa berputar dengan lancar. setelah kering berikan pelumas oli pada bagian yang membutuhkan pelumasan bisa juga dengan grese.

Gear Driven Honda Vario 125

Bersihkan lubang dudukan gear driven dan bersihkan juga gear spindle kick starter dengan mengelap dengan kain dan di semprot bila perlu, kemudian berikan pelumas oli untuk melicinkan putaran gear

Lubang As Gear Driven
setelah semuanya dilumasi kemudian pasang kembali seperti semula, selanjutnya tinggal mencoba untuk menghidupkan mesin dan dijamin kick starter terasa ringan dan empuk, pedalpun langsung kembali keposisi semula ketika kaki diangkat.

Sekian semoga bermanfaat..

Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Artikel Blog