-->

Ads 720 x 90

Cara memperbaiki aki kering yang soak




Sobat sekalian..Komponen dalam sebuah mesin apapun itu pasti mempunyai masa pakai. Kalau masa pakai sudah terlampaui pasti kinerjanya sudah tidak optimal dan pada akhirnya tidak dapat berfungsi sama sekali.

Aki merupakan komponen yang sangat penting dalam  sebuah sepeda motor sekarang ini. Akipun memiliki masa pakai. Rata rata berkisar antara 4 sampai 5 tahunan itupun sudah termasuk maksimal.
Namun kita masih dapat memperbaikinya kalau memang masih memungkinkan. Seperti aki kering pada vario 125 saya yang harus turun pada umur motor hampir 5 tahun dan km 24.600 an.
Sebelum saya beli aki baru saya coba dulu untuk diperbaiki. Saya pun cari diinternet bagaimana cara agar aki bisa digunakan lagi.

Setelah dapet ilmunya maka segera saya siapkan alat alat ataupun bahan yang diperlukan, diantaranya yaitu
Air accu yang buat nambah ( bukan air zuur ), alat suntik beserta jarumnya dari bekas suntik tinta printer, obeng (+), charger aki, jarum pentul, korek api,

Pertama, lepas aki dari sepeda motor, coba tes aki untuk menyalakan lampu apakah bisa menyala dan hasilnya lampu menyala namun sangat redup, bisa disimpulkan elemen dalam aki masih cukup bagus dalam artian belum ada sel yang mati sehingga kemungkinan untuk jadi masih ada.

Kedua, lubangi bodi aki bagian belakang dengan menggunakan jarum yang sudah dipanasi dahulu dengan korek api, lubangi sebanyak enam lubang yaitu setiap sel aki satu lubang, lubang ini tempat menyuntikan air aki.



Ketiga, suntikan air aki dengan menggunakan suntikan sebanyak satu suntikan saja per sel aki dalam skala sekitar 10 ml. Tes kembali aki yaitu untuk menyalakan bohlam lampu dan hasilnya nyala lampu sudah terang, 

kemudian tutup lubang tadi dengan menggunakan lem, disini saya menggunakan lem plastik stel karena kebetulan punya, lem sampai rapat. 

Saat aki saya coba pasang pada motor sudah dapat menyalakan sistem injeksi seperti fuel pump dan komponen kelistrikan lain namun masih belum bisa untuk menghidupkan mesin dengan starter elektrik.

Keempat, karena arus maupun tegangan aki masih belum optimal maka saya charge dahulu dengan menghunakan adaptor 12 volt 1 amper selama kurang lebih 14 jam ( dari sore sampai pagi ) karena arus pengisiannya termasuk kecil yaitu cuma 1 amper.

Kelima, setelah di charge pasang aki pada sepeda motor, dan kini aki sudah bisa untuk menghidupkan mesin dengan starter elektrik ( ACG Starter ).

Dalam hal ini aki kering ( maintenance free ) yang elemennya sudah kering karena pemakaian masih bisa dihidukan lagi dengan membasahi kembali elemen dengan air aki, jangan pakai air zuur kenapa bukan air zuur? Karena air zuur sangat keras sehingga elemen bisa rontok dan tidak bertahan lama.

Mungkin itu yang bisa saya share, dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Artikel Blog