-->

Ads 720 x 90

Belajar sistem pengapian pada mesin bensin modern

IGNITION COIL PACK
Sobat sekalian seperti yang kita ketahui saat ini bahwa pada mesin sepeda motor ataupun mobil sudah mengaplikasikan banyak sekali perangkat perangkat elektronik yang bersifat digital, seperti ECU dengan tujuan yaitu untuk mengoptimalkan pembakaran dalam mesin sehingga didapatkan tenaga atau torsi mesin yang maksimal, irit dalam pemakaian bahan bakar serta emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan.

Salah satu yang dikembangkan adalah pada sistem pengapian dimana pada mobil-mobil injeksi saat ini sudah menggunakan pengapian langsung dimana dalam satu silinder atau satu busi dilayani oleh satu coil pengapian, atau dua silinder dilayani satu coil pengapian, pengapian langsung merupakan pengembangan dari pengapian lama pada mesin mobil yang dulu menggunakan distributor, 

Sistem pengapian ini juga dikenal dengan sebutan Direct Ignition System yang terdiri atas dua jenis, yaitu independen ignition dan simultaneous ignition

Type Independent Ignition

Pada type Independent masing-masing silinder dipasangkan sebuah ignition coil, hal ini tentunya akan memaksimalkan proses pembakaran karena satu buah coil pengapian terfokus melayani satu silinder. Hal ini juga menimbulkan cost yang lebih tinggi.

D I S : INDEPENDENT IGNITION

Type simultaneous ignition

Pada simultanoeus ignition menggunakan sebuah coil untuk dua buah silinder. Penentuan pasangan silinder berdasarkan kesamaan posisi piston pada mesin. Sebagai contoh pada mesin 4 silinder dengna urutan pengapian 1-3-4-2, maka pasangan pistonnya adalah 1 dengansilinder 4, dan silinder 2 dengan silinder 3
D I S : SIMULTANEUOS IGNITION
Pasangan silinder yang sama akan mendapatkan percikan bunga apipada busi pada langkah yang berbeda. Apabila silinder pertama berada pada langkah kompresi, maka pasangannya akan berada pada langkah buang. Pengaliran tegangan tinggi dari kumparan coil secara langsung di teruskan ke pasangan busi. Pada busi pertama, arah percikan bunga api bergerak dari elektroda tengah ke elektroda samping. Pada busi pasangannya, arah percikan adalah sebaliknya, yaitu dari elektroda samping menuju elektroda tengah. Dengan penggunaan coil yang lebih sedikit tentunya akan lebih menguntungkan dari segi cost dibandingkan dengan satu coil per silinder.

Sekian dulu postingan kali ini, mungkin akan ada lagi postingan lanjutan tentang pengapian....terimakasih










Related Posts

1 comment

miao sai said…

berbagai bonus besar menanti di IONQQ
ayo di tunggu apa lagi, segera bergabung bersama kami di IONQQ
WA: +855 1537 3217

Berlangganan Artikel Blog