-->

Ads 720 x 90

Perbaikan Gerinda Tangan : Hitachi Type G 10 SB1

GERINDA TANGAN 4" HITACHI G 10 SB1 

Dalam dunia pengelasan tidak bisa kita terlepas dari gerinda tangan atau gerinda listrik yang juga bisa difungsikan sebagai alat potong dengan mengganti mata gerindanya. 

Salah satu gerinda yang sudah teruji kualitasnya yang saya tau salah satunya dari Hitachi typenya G 10 SB1, mesin gerinda ini mempunyai konstruksi yang sangat bagus, dimana body atau houshing terbuat dari logam, berbeda dengan kebanyakan gerinda dipasaran yang bodynya terbuat dari bahan plastik, namun semuanya sudah pasti ada nilai plus dan minusnya.

kali ini akan kita coba perbaiki gerinda hitachi yang mati atau tidak bisa berputar. Langsung saja lepas bagian per bagiannya dengan menggunakan obeng plus, tentunya yang menjadi perhatian yaitu pada stator coil, armature / angker serta sikat karbon / carbon brush, karena ketiga komponen tersebut merupakan komponen utama sebagai penggerak dari mesin gerinda. Lakukan juga perawatan pada komponen yang lain.

HOUSING
Bersihkan housing dari serpihan serbuk gerinda.

GEAR BOX
Pada rumah gear perlu dilakukan pengecekan kondisi gear dan pinion serta bearing. Bila perlu beri gemuk / grease yang baru.

STATOR
Setelah dilakukan pengukuran dengan menggunakan avo meter ternyata pada salah satu coil ada yang terputus, setelah dicek ternyata pada ujung dari lilitan yang terhubung ke terminal terlepas, kita cukup perbaiki sambungan kawat tersebut dengan di solder ulang, tidak perlu kita bongkar semua karena lilitan tembaga pada stator dicor dengan resin yang sangat tebal dan kalaupun di lilit ulang nanti hasilnya tidak sebagus yang aslinya. Perlu kita perhatikan bahwa sambungan atau solderan tidak boleh menempel dengan besi stator karena kalau sampai menempel, arus listrik akan mengalir ke body gerinda dan akan menyengat ke tangan apabila dipegang, tentunya hal ini sangat berbahaya. Maka dari itu solderan perlu kita lapisi dengan sealer ataupun lem untuk menutup sambungan. Salah satu kelemahan dari gerinda ini adalah ketika stator sudah bocor terkadang arus listrik mengalir ke body gerinda.

ARMATURE ASSY
Pada armature / rotor kita lakukan pengecekan cincin komutator dengan body apakah terjadi kebocoran atau tidak, bersihkan juga celah antar terminal pada cincin komutator dengan menggunakan pisau kater karena biasanya serpihan tembaga menyelip didalamnya dan membuat short.



WIRING BLOCK ASSY
Wiring blok berfungsi sebagai dudukan atau rumah karbon brush dan juga tempat terminal yang menghubungkan antat komponen seperti saklar on/off, carbon brush dan stator. Ganti carbon brus apabila sudah mau habis, jangan sampai benar benar habis karena akan merusak cincin komutator.
PART CATALOG
Rakit kembali gerinda seperti semula, janganlupa cek kembali terminal pada kabel steker dengan body gerinda menggunakan avo meter apakah terjadi hubungan atau tidak..apabila hasilnya tidak ada hubungan berarti gerinda sudah siap kita gunakan kembali...sekian semoga postingan kali ini bisa bermanfaat untuk sobat sekalian..


Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Artikel Blog