-->

Ads 720 x 90

Cara kerja elektrik starter pada sepeda motor

Sobat sekalian, seperti kita ketahui bahwa pada sepeda motor ( sepeda motor untuk harian ) untuk menghidupkan mesin ada dua cara yaitu dengan kick starter dan elektrik starter, dimana elektrik starter menjadi yang utama sedangkan kick staterter biasanya dipakai kalau darurat atau elektrik starter rusak atau aki ngedrop.

Sekarang ini untuk elektrik starter pada sepeda motor juga sudah ada dua macam yaitu yang pakai dinamo starter dan ada yang sudah terintegrasi dengan alternator yaitu ACG starter seperti yang diterapkan di skutik buatan Honda.

Pada dinamo stater konvensional komponen cukup ringkas dan tidak serumit dinamo starter mobil karena stator menggunakan magnet permanen tidak seperti pada dinamo stater mobil yang menggunakan elektro magnet ( lilitan kawat ).

Dinamo Motor Starter Sepeda Motor

Cara kerjanya yaitu :

Kunci kontak posisi "ON", Arus Listrik mengalir dari positif baterai menuju kunci kontak. Kelistrikan motor menyala.

Saat tombol start ditekan arus mengalir dan menghidupkan relay starter. Karena relay starter on maka arus dari positif baterai mengalir ke relai menuju karbon brush, mengalir ke rotor kemudian krbon brush negatif kemudian ke ground ( negatif baterai / aki ). Sehingga rotor berputar karena adanya medan magnet yang beradu dengan medan magnet permanen stator. Putaran rotor / angker diteruskan ke cruck as melalui mekanisme starter clutch, sehingga ketika mesin sudah menyala putaran dinamo starter dengan kruck as terputus. dan mesin tidak bisa memutar dinamo stater.

Untuk alur arus listriknya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.



Untuk keamanan saat menghidupkan mesin sekarang ini switch starter telah diseri atau dihubungkan dengan rem dan standar samping seperti pada skutik sehingga untuk dapat berfungsi, posisi handle rem harus dalam keadaan di tekan (posisi mengerem ) dan standar samping dalam posisi terlipat keatas.Sedangkan pada motor sport dihubungkan dengan switch gigi netral dan switch kopling. sehingga pada saat gigi transmisi netral tombol starter bisa berfungsi dan pada saat posisi masuk tidak berfungsi kecuali handle kopling ditekan baru tombol starter bisa berfungsi.

Komponen Motor Starter Yamaha Mio Sprty





Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Artikel Blog