-->

Ads 720 x 90

Komponen Rantai Camrat ( Cam Chain Tensioner Honda C Series )

Penggerak Cam Shaft 

Cam shaft atau noken as bisa berputar dengan baik dengan dukungan dari beberapa part atau komponen utama antara lain

1. Rantai / Chain 

Chain cam atau sering disebut dalam istilah sehari - hari sebagai rantai keteng atau rantai camrat, mempunyai fungsi meneruskan putaran dari crankshaft / poros engkol ke cam shaft / noken as yang terletak di cylinder head dengan perbandingan dua kali putaran poros engkol berbanding satu putaran cam shaft.

2. Sprocket Cam

Sproket atau dalam keseharian di bengkel disebut gear sentrik atau gear timing terletak di ujung dari noken as merupakan tempat dimana rantai camrat berada.

Sprocket

3. Sprocket Timing

Sproket timing terpasang di crankshaft atau poros engkol dimana berfungsi sebagai penggerak dari rantai camrat. 

Sprocket Timing


Mekanisme Pengencang Rantai Camrat / Tensioner

Rantai camrat dapat bekerja dengan baik diperlukan adanya suatu sistem yang mengatur kekencangan dari rantai agar rantai tetap berada di jalur dan tidak merubah posisi dari setingan bukaan klep dan posisi piston. Pada type mesin Honda C Series mekanisme pengencangan tegangan rantai dengan menggunakan sistem hydrolic atau tekanan oli dengan didukung oleh beberapa komponen seperti di bawah ini

1. Push Rod Comp dan Spring Tensioner 

Push rod comp dibantu dengan per / spring berfungsi sebagai pendorong / menekan arm comp dimana arm comp yang di terpasang roll akan menekan rantai.

Push rod comp mempunyai jalur oli didalamnya dimana apabila ada oli yang mengalir kedalam rod comp akan terjebak di bagian bawah rod comp dimana spring berada, dalamnya ada sebuah bola baja yang berfungsi sebagai klep yang akan mencegah oli yang berada di bagian bawah dari rod comp tidak bisa keluar sehingga akan terjadi tekanan yang pada akhirnya akan menekan rantai melalui arm comp. 

Push Rod dan Spring Tensioner

2. Arm Comp

Arm comp merupakan sebuah pengungkit dimana bagian tengah dari arm com dipasang sebuah baut sebagai poros dan ujung satu tertekan oleh Rod comp dan ujunga satu lagi yang terpasang roll menekan rantai camrat.

Arm Comp

3. Roller dan Roller Comp

Roller dan Roller Comp merupakan bagian yang berhubungan langsung dengan rantai camrat sebagai penekan agar rantai tidak kendor sehingga rantai tidak terlepas dari jalur yang seharusnya.

Roller terbuat dahan bahan plastik yang keras sedangkan roller comp terbuat dari bahan plastik atau karet yang keras sehingga tidak merusak rantai camrat, Roller dan Roller comp merupakan komponen yang paling sering aus atau rusak.


mekanisme lain yang digerakan melalui rantai camrat yaitu pompa oli yang digerakkan melalui gear dan as penggerak pompa oli.

Gear Pompa Oli





Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Artikel Blog