Jaman terus berubah dan akan tiba saatnya nanti semua alat transfortasi tidak akan lagi mengandalkan bahan bakar minyak untuk sumber energi penggerak pada kendaraan baik roda dua maupun roda empat, selain cadangan minyak bumi yang semakin menipis yang lebih penting lagi bahwa polusi yang ditimbulkan dari kendaraan sangatlah merusak alam salahsatunya meningkatkan pemanasan global.
Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa brand sepeda motor listrik yang berasal dari pabrikan lokal yang menjual sepeda motor listrik dan respon dari masyarakat pun sangatlah positif. Gesits dan Viar diantaranya yang sudah ada di pasaran saat ini dan juga beberapa merk lokal lain.
Penggerak pada sepeda motor listrik pada umumnya menggunakan motor BLDC dan pemasangannya diletakkan pada tengah-tengah body sepeda motor untuk type mid drive dan ada yang langsung di tengah roda (biasanya roda belakang) untuk type hub motor.
Motor Penggerak Type Mid Drive pada Sepeda motor listrik GESITS |
Pada type penggerak mid drive dibutuhkan penyalur atau penghubung putaran motor listrik ke roda belakang, penghubung putaran bisa dengan menggunakan sabuk / belt dan puly, atau bisa dengan menggunakan rantai dan sprocket seperti pada sepeda motor convensional.
Motor Penggerak Type Hub Motor pada Sepeda Motor Listrik Viar Q1 |
Kawasaki EV Project |
Dengan adanya gearbox atau transmisi dan kopling seperti halnya pada sepeda motor convensional tentunya akan lebih memudahkan kita memilih ratio putaran motor listrik yang tersalur ke roda belakang, seperti pemilihan gigi tinggi untuk di jalan datar dan rasio gigi rendah pada saat jalan menanjak, dan tentunya hal ini akan membuat motor penggerak tidak terlalu dipaksa dalam bekerja.
Post a Comment