-->

Ads 720 x 90

Inilah fungsi ganjal pelor pada per CVT motor matic

Pelor pada pully, sumber gambar : bukalapak.com


Sobat sekalian berbagai macam modifikasi dilakukan untuk menambah akselerasi maupun responsif pada CVT sepeda motor matic, Salah satunya dengan cara mengganjal per CVT dengan menggunakan pelor laher, dulu ongkosnya lumayan mahal. namun setelah sekian banyak yang memakai modifikasi ini bahkan ada yang menjual secara kusus yang bernama seater bearing dengan harga 100 ribuan saja.  

Bagi yang belum tau fungsinya bisa saya jelaskan secara singkat seperti ini, pully bagian belakang CVT  bisa bergerak maju dan mundur untuk menjepit belt atau sabuk. pada saat putaran rendah dia maju dan pada saat kecepatan tinggi dia mundur, pada saat gerakan maju mundur tersebut dia juga ada gerakan memutar, karena pully menempel di per/pegas maka gerakannya agak tertahan oleh pegas karena harus memutar pegas. 

Disinilah fungsi dari pelor atau bering untuk menghilangkan tahanan puntiran tersebut. Karena permukaan puly dan pegas terdapat bearing maka akan terjadi sliding. Sehingga gerakan pully lebih lancar. Pully bisa berputar tanpa memuntir pegas. Hanya menekan pegas saja.

Hal ini tentunya akan membuat putaran atas menjadi lebih responsif 

Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Artikel Blog