-->

Ads 720 x 90

Cara ganti kanvas rem roda belakang Honda Vario 125



Sobat yang suka oprek motor ataupun yang suka menservis motor kesayangannya sendiri dirumah, berikut saya berikan gambaran cara mengganti kanvas/ kampas rem yaitu pada motor matik Vario 125.

Adapun yang perlu dipersiapkan terlebuh dahulu yaitu 
  1. Kampas Rem Baru 1 Set 
  2. Grease / Fat
  3. Kunci Sok 10 mm
  4. Kunci Sok 14 mm
  5. Kunci Sok 24 mm
  6. Stang Sok
  7. Sambungan Kunci Sok
  8. Kunci L uk 5 mm
  9. Kuas 
  10. Palu Kecil / Palu Plastik
Untuk langkah pengerjaannya yaitu 

1. Lepas mur pengikat leher knalpot dengan kunci sok 10 mm


2. Lepas baut pengikat Muffler / knalpot dengan menggunakan kunci sok 14 mm




3.  Setelah knalpot dilepas kemudian lepas mur as roda dengan menggunakan kunci sok 24 mm


4. Lepas baut pengikat swing arm dengan kunci sok 14 mm kemudian lepas swing arm. Kalau Swing arm susah dilepas pasang kembali mur roda diujung drat as roda kemudian pukul as roda dengan palu secara perlahan, kalau ada pakai palu plastik biar as tidak rusak. apabila velg perlahan bergeser keluar maka teruskan, namun apabila velg masih tidak mau keluar maka sebaiknya pakailah tracker untuk melepasnya untuk menghindari terjadinya kerusakan pada as roda karena dipukul. 

5.  Kendurkan mur setelan rem agar kampas rem tidak menyenggol atau mengganggu saat roda dilepas dan juga Lepas baut pengikat Fender dengan menggunakan kunci L ukuran 5 mm, angkat sedikit keatas dan keluarkan roda.


6. Lepas kanvas rem dari dudukannya dan bersihkan debu-debu dengan menggunakan kuas, kalau ada kompresor tinggal disemprot saja dengan angin kompresor.


7. Lepas Brake arm dengan menggunakan kunci sok 10 mm dan bersihkan Cam dari kerak dan debu yang menempel.




8. Berikan grease pada as cam brake dan as roda, ini bertujuan agar pada saat nanti kita melepas roda bisa dilepas dengan mudah.



9. Pasang kembali cam dan arm brake, perhatikan dengan seksama karena kalau tidak pas as cam brake tidak akan bisa masuk ke arm brake, pasang baut dan kencangkan dengan kunci sok 10 mm. kemudian pasang kampas rem yang baru ke dudukannya.


11. Bersihkan tromol dari kotoran dan debu yang menempel dengan kuas atau angin kompresor kemudian pasang kembali ke as roda.



12. Bersihkan As roda dan beri sedikit grease dan pasang busing ( Collar ) kemudian pasang swing arm dan pasang lagi bushing ( Collar ).


13. Pasang kembali baut pengikat swing arm dan mur as roda dan baut fender kemudian kencangkan.


14. Pasang kembali knalpot dan kencangkan baut ada silencer dan pada leher knalpot.

15. Pasang kembali kable rem pada arm brake dan stel jarak handle rem. Lakukan test jalan untuk memastikan semua sudah bekerja dengan normal. 

demikian cara mengganti kampas rem pada honda vario 125 dan semoga bisa menjadi acuan atau gambaran bagi sobat yang ingin mengganti kampas rem sendiri dirumah.



Related Posts

5 comments

Berlangganan Artikel Blog