Transmisi atau gardan atau gearbox pada sepeda motor matik yang berfungsi untuk mereduksi putaran atau menurunkan putaran ( ratio ) fungsinya tidak bisa di kesampingkan karena sebagai penghubung putaran mesin ke roda.
Namun kebanyakan komponen ini kurang diperhatikan dan baru setelah ada masalah saja baru jadi perhatian. Pada umumnya masalah yang terjadi yaitu gearbox mengeluarkan bunyi berdengung pada saat sepeda motor di jalankan dengan didorong atau mesin tidak dihidupkan karena pada saat mesin hidup bunyinya kalah dengan suara mesin.
Apa yang bisa kita analisa dari hal ini... yang pertama kemungkinan oli pelumas pada gearbox berkurang atau kosong sama sekali yang bisa disebabkan karena adanya kebocoran oli bisa pada perpak yang robek atau seal as yang rusak sehingga menyebabkan oli keluar. Sehingga membuat suara lebih kasar.
yang kedua karena oli yang berkurang maka bearing dan gear ratio menjadi cepat aus terutama bearing yang posisinya lebih tinggi. Karena bearing sudah kocak maka kepresisian tautan antar gear ratio menjadi berkurang dan menyababkan bunyi.
Penggantian Oli gearbox secara berkala merupakan hal yang harus dilakukan agar gearbox selalu dalam kondisi yang prima serta dapat memperpanjang masa pakai komponen dan tentunya tetap berkendara dengan aman dan nyaman.
Post a Comment