-->

Ads 720 x 90

Variable Valve Actuation ( VVA )...Fitur Andalan Yamaha NMAX 150

















Sobat sekalian, baru baru ini Yamaha Indonesia (YMMI) baru merilis produk terbarunya skutik premium Yamaha NMAX 155 ABS pada tanggal 10 Februari 2015 yang diselenggarakan di sirkuit Sentul dan dihadiri oleh para insan media.

Salah satu fitur yang dibenamkan di skutik gambot ini cukup membikin penasaran yaitu VVA ( Variable Valve Actuation ) lalu seperti apasih VVA ? mending lihat dulu penampakannya pada cutting engine berikut ini...




sumber gambar : google

Lalu apasih fungsi dari VVA ?...
Fungsi dari VVA adalah untuk menjaga tenaga dan torsi maksimum pada semua putaran mesin
dengan cara mengatur bukaan klep inlet dimana pada saat mesin  rpm rendah bukaan klep pada posisi rendah dan saat rpm tinggi diatas 6000 rpm bukaan klep lebih tinggi.
Mekanismenya diatur sedemikian rupa dimana dua buah rocker arm inlet bergerak rocker arm pertama memiliki tonjolan pada camshaft lebih rendah rendah ( low speed cam ), rocker arm kedua memiliki tonjolan pada camshaft lebih tinggi ( high speed cam ).

Pada saat putaran mesin kurang dari 6000 rpm maka rocker arm pertama yang bekerja sedangkan rocker arm kedua bekerja namun tidak terhubung ke klep kemudian saat putaran mesin mencapai 6000 rpm lebih maka ECU mengirimkan sinyal/arus ke Actuator untuk bekerja sehingga pin penguci terdorong dan mengunci rocker arm kedua sehingga rocker arm pertama dan kedua bekerja bersamaan dengan bukaan klep lebih tinggi.

Terus apa kelebihan dari VVA ?...
Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa fungsi dari VVA adalah untuk menjaga tenaga dan torsi maksimum pada semua putaran mesin, termasuk di titik kritikal 6000 rpm saat tenaga dan torsi cenderung turun. Teknologi VVA bekerja pada head cylinder dimana terdapat dua jenis cam yaitu low speed cam dan high speed cam yang mendukung kinerja VVA sehingga tenaga dan torsi maksimum pada setiap putaran. 
Jadi pada saat putaran rendah klep buka rendah berati bisa menghemat bahan bakar dan saat putaran tinggi klep membuka lebih tinggi maka bahan bakar masuk secara maksimal dan tenaga tidak kedodoran.

mungkon itu yang bisa saya sharing semoga bisa bermanfaat....

tapi kalau pingin lebih jelas lagi bisa lihat di tmcblog disini


Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Artikel Blog