-->

Ads 720 x 90

Kampas rem sampai terkelupas..apa penyebabnya..

Beberapa waktu yang lalu sepeda motor saya mengalami kerusakan pada kampas rem tromol belakang, hal itu wajar karena kampas rem merupakan part yang tingkat kerusakan atau keausannya lebih cepat atau biasa disebut fast moving, namun kali ini bukan sekedar aus pada permukaan kampasnya tapi lapisan kampas mengelupas dari sepatu rem, tidak hanya itu ternyata pada sepatu rem juga terjadi keretakan dan hampir terbelah menjadi dua bagian. Mengapa hal ini sampai terjadi?..


Salah satu penyebabnya mungkin yaitu karena umur pemakaian yang sudah cukup lama, sehingga material penyusun sudah mulai rapuh untuk menerima beban pengereman secara terus menerus, sehingga pada akhirnya sepatu rem patah dan karena kampas rem menempel pada sepatu rem maka kampas rem pun terkelupas karena dimungkinkan lemnya sudah tidak mampu menahan kampas rem untuk tetap menempel di sepatu rem.

Kemungkinan lainya yaitu karena kampas rem ini merupakan produk yang bukan original atau kw sehingga kualitasnya pun kurang bagus. Sehingga saya ganti kampas rem dengan kampas rem yang original, karena tidak ingin hal seperti ini terjadi lagi. Jadi pada saat saya berkendara tiba tiba roda belakang ngerem sendiri dan kita tidak bisa ngapa ngapain, untung roda tidak berhenti total sehingga masih bisa melaju namun rem belakang sudah blong sama sekali, hal yang membuat roda ngerem sendiri itu karena kampas rem terkelupas dan masuk ke sela sela kampas rem satunya yang masih utuh sehingga terjepit dan putaran roda pun tertahan. Ketika kampas rem yang terkelupas sudah tidak terjepit maka roda bisa berputar bebas namun daya pengereman seakan hilang sama sekali.

Mungkin itu yang bisa saya bagikan ya, semoga ada manfaatnya untuk kita, untuk bisa lebih memperhatikan kondisi kendaraan agar kita terhindar dari hal hal yang tidak kita inginkan terutama pada saat berkendara..terimakasih.

Related Posts

Post a Comment

Berlangganan Artikel Blog